Rabu, 17 November 2010

Cara Instal Wordpress di freewebhosting

WordPress sangat digemari oleh para Blogger karena mudah untuk digunakan,meskipun untuk para Newbie.
dalam tulisan ini saya akan menguraikan sedikit panduan untuk anda yang ingin menggunakan WordPress di Webhosting.
1. Anda harus daftar di Co.cc untuk memperoleh nama Domain,contoh;domainanda.co.cc.Setelah nama Domain yang anda inginkan tersedia,lalu setup name server dengan cara mengisi pada kolom name server 1: ns01.000webhost.com dan name server 2: ns02.000webhost.com.Setup yang anda lakukan akan berlaku dalam waktu 1×48 jam.untuk daftar di co.cc nya silahkan klik gambar ini
http://www.co.cc/get_banner/get_banner_link.php?id=655798&s=46860c&w=468&h=60
2. Daftarlah di 000webhos.com dengan pilihan “I want to host my own Domain” dan masukan “domainanda.co.cc” yang sudah anda punya tadi.Tunggu sampai pihak 000webhost menyatakan bahwa akun anda aktif via email.untuk daftar di 000webhost silahkan klik gambar di bawah.
Free Website Hosting
3. Setelah akun anda aktif dan tidak ada peringatan “update name server” klik “go to cpanel” lalu pilih “mysql” untuk membuat database anda,contoh;database name:
0220234_anda
database user:
0220234_anda
database password:
passwordanda(masukan 2x)
Lalu klik “create database”.
Muncul halaman baru copy semua data2 nya masukan pada notepad untuk memudahkan langkah selanjutnya.
4. Download software WordPress 3.0.1.zip tunggu sampai proses download selesai.Extract file zip WordPress lalu buka folder dan cari “wp-conpig-sample.php” lalu buka(open with- notepad) cari tulisan “database name”,”database user”,”database password”, “database host” ganti isi pada kolom (..) sesuai dengan database yang sudah anda buat di “mysql”nya 000webhost, lalu rename nama file menjadi “wp-config.php”.
5. Download Filezilla disini untuk mengupload wordpresnya ke 000webhost,install filezilla jalankan filezilla nya.pada browser masuk lagi ke 000webhost login kemudian klik “go to cpanel” pada kolom file klik “view ftp details” masukan “FTP host name“ pada kolom“Host” di filezilla,” FTP user name” pada kolom “Username” di filezilla,pada kolom “Password” di filezilla isi dengan password untuk masuk 000webhost dan biarkan kolom “Port” di filezilla tetep kosong kemudian klik “Quickconnect” maka filezilla akan melakukan koneksi perlu diperhatikan pada filezilla sisi kiri adalah file2 di computer anda dan sisi kanan adalah file2 FTP anda pada 000webhost.

6. Pada sisi kiri file zilla double klik folder Public_html kemudian hapus “default.php”.Pada sisi kanan cari file folder wordpress kemudian seret semua isi file dan folder pada folder wordpress (tidak termasuk folder WordPress!) ke sisi kiri ke dalam folder “Public_html” seperti pada contoh gambar diatas,maka proses upload pun berjalan tunggu beberapa saat sampai semua file terupload (Jika ada peringatan “Target file already exist” klik saja OK).Perlu perdiperhatikan jika proses Upload telah selesai lihat bagian bawah filezilla pada kolom ”failed transfers” jika ada file yang gagal terupload maka blok semua file tersebut dan klik kanan pilih “Reset and requeue selected file” secara otomatis file yang gagal terupload akan berpindah ke kolom "Queued Files" klik kanan lagi pada file nya pilih “Process Queue” lakukan langkah ini sampai tidak ada file pada kolom ”failed transfers” dan “Queued Files” dengan artian semua file telah terupload ke FTP 000webhost anda.

7. Setelah proses upload selesai kunjungi “domainanda.co.cc” dengan browser anda,maka akan muncul “WordPress Installation” isi semua kolom dengan data yang anda punya lalu klik “Install”. Setelah proses instalasi selesai maka tinggal masuk “domainanda.co.cc/wp-admin” untuk mengisi posting dan mengutak atik lebih dalam wordpress anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar