Minggu, 14 November 2010

Bikin Hotspot Ala Charvale

Yang namanya internet sekarang sudah menjadi kebutuhan,hampir semua orang sekarang sudah tidak asing lagi dengan namanya internet lihat aja pengguna notebook dan netbook sekarang menjamur belum lagi HP dan PDA yang sekarang banyak dibekali perangkat wifi di dalamnya,juga didukung dengan banyaknya hotspot2 seperti di mal2 dan tempat2 umum, tak kalah juga dengan warnet2 yang sekarang banyak mempromosikan akses internet warnet nya untuk pemakaian rumah yang di kenal dengan istilah RT-RW net.

Nah melihat begitu banyaknya Hotspot juga pengguna nya saya serasa tertantang juga sebagai orang awam di dalam hal jaringan bagaimana caranya supaya bisa bikin jaringan hotspot sendiri dirumah.Hmmm..ide yang menarik juga ya

Dengan rasa penasaran akhirnya saya bertanya pada mbah Google menimba ilmu mengumpulkan bahan2 untuk pembangunan hotspot tadi,alhasil didapat lah cara nya terlebih dengan alat2 yang bisa dikatakan seadanya hanya bermodal wifi,pc,laptop dan tentunya jaringan internet buat hotspotnya dong,ga usah babibu kita langsung saja.

  1. Tahap pertama tentukan internet nya mau langganan dari mana skarang kan sudah banyak Bisa menggunakan Modem GSM/CDMA mau langganan speedy juga boleh yang penting jangan dari wifi saja soalnya kan tuh wifi mau dijadiin pemancar hotspotnya.Disini saya menggunakan jaringannya dengan langganan hotspot warnet(lumayan soalnya murah 1xxrb speed nya kuenceng..hehehe) lho kok dari hotspot warnet sih berati kan harus pake wifi ngaksesnya????!!! berhubung jarak ke tower warnet nya lumayan jauh sekitar 1km-an dan perangkat wifi mau dijadiin pemancar hotspot nantinya disini saya menggunakan Akses Point+antena Grid(kebetulan di rumah udh ada) untuk akses ke warnet nya.ni gambarnya.

  2. Tahap kedua Persiapkan Wifi,boleh wifi PCI buat PC,USB wifi,ato wifi laptop.disini saya menggunakan Wifi PCI karena cuma punya nya itu.

  3. Tahap 3 Unduh dulu nih software bakal hotspotannya namanya Wipeer,klik aja gambar nya langsung dunlod kok

  4. Tahap 4 Unduh Net Frame work biar wipeer nya jalan di window net frameworknya unduh disini

  5. Sekarang instalt uh semuanya.

  6. Setelah semua selesai di instal Buka wipernya pada kolom login isi bebas aja trus klik ok. Pada Form Utama wipeer pilih menu File/connect option,  Pilih Create New Wireless P2P Network kemudian klik Specify Parameters, Setting SSID,IP dan Security ( disini saya memberi nama SSID nya dengan “Paranoid”, IPnya Automatic /DHCP, dan Security Password “12345″). klik OK, kemudian Klik Connect.nih kek gambar di bawah

  7. Masuk lagi ke menu File-Connect Option dan pilih choose an existing wireless network, kemudian pilih yang telah kita buat sebelumnya ( “PARANOID” ).kemudian klik Connect. Sampai disini aplikasi wipeer sudah menghasilkan Jaringan Hotspot dan sudah terkoneksi dengan hotspot yang dipilih tadi.

  8. Cek apakah Hotspot yang sudah kitaa buat sudah terdeteksi di Wireless Adapter semua laptop.Caranya klik kanan pada icon wireless,pilih view Awailable Wireless Network, maka akan tampil form Wireless Network Connection sbb:

  9. Setting Internet Sharing Pada computer
    Nah sekarang setting agar semua komputer/laptop yang terhubung ke hotspot nantinya agar bisa mengakses internet. caranya
    -Masuk ke Control Panel-Network Connection maka akan muncul tampilan sbb:

  10. -pilih Network connection yang kita gunakan untuk akses ke internet disini saya menggunakan  Loca Area Connection karena aksesnya dari aksespoint lewat LAN, kemudian klik kanan-pilih Properties.
    -Pilih Tab Advanced, beri tanda centang pada opsi “Allow other network user to connect through this computer’s internet connection. Pilih Home Networking Connection yang diizinkan ( dalam hal ini adalah network yang menjadi hotspot kita yaitu “Wireless Network Connection). Kemudian Klik OK. Secara otomatis Komputer yang terkoneksi dengan internet di set sebagai gateway.

  11. Nah sampai sini semua setingan sudah beres dan hotspot pun jadi,tinggal konekan semua client pada hotspot kita...hehehe..ternyata gampang juga ya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar